Rabu, 28 April 2010

Pengembangan Robot DU-114 Sepenuhnya dari Pihak Kampus

JAKARTA - Jerih payah tim robot Universitas Komputer Indonesia, Bandung (Unikom) berbuah hasil medali emas di ajang internasional. Bantuan pun datang seiring dengan kemenangan tersebut.

Pengembangan Robot DU-114 yang memenangi kontes robot tersebut, menurut Rektor Unikom Eddy Soeryanto Soegoto, sepenuhnya didukung oleh pihak Unikom. Eddy menyebutkan, biaya paling besar adalah untuk melakukan riset di bidang robotik itu sendiri. Namun Eddy enggan menyebutkan besaran biayanya.

Eddy mendukung penuh berbagai pengembangan teknologi seperti ini. Namun menurutnya, untuk mengembangkan bidang robotik tidak perlu kurikulum khusus.

"Bidang robotik terdiri dari berbagai macam bidang. Di dalamnya ada teknik elektro, teknik informatika dan disiplin ilmu lainnya. Kurikulum khusus biasanya dimasukkan untuk masing-masing program studi," terang Eddy saat ditemui di bandara internasional Soekarno Hatta, Jakarta, Rabu (28/4/2010).

Eddy menyebutkan, pengembangan teknologi seperti ini didukung juga oleh pemerintah pusat dan daerah. "Pemerintah membantu dalam memberangkatkan mahasiswa kami ke luar negeri. Untuk tahun 2010 ini, kampus kami juga mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah Jawa Barat untuk pengembangan bidang robotik dengan alokasi dana sebesar 100 juta," terangnya.

Untuk sementara, menurut Eddy, robot-robot yang dikembangkan oleh mahasiswanya baru sebatas untuk ajang kompetisi. "Kedepan, kami bermaksud menggandeng industri untuk memproduksi robot bagi kepentingan masyarakat luas," tandasnya.

Tim robot Unikom yang terdiri dari Yusrila Y Kerlooza dan Rodi Hartono, kembali meraih medali emas di ajang kompetisi "Robogames 2010" di San Mateo County Event Center Amerika yang berlangsung dari tanggal 24 hingga 25 April 2010. (ugo)

Tidak ada komentar: