Senin, 02 November 2009

Moblin 2.0 Untuk Intel Atom Dirilis





Sabtu, 26 September 2009 11:37

Proyek Moblin yang diprakarsai Intel kemudian diserahkan dan dikelola oleh Linux Foundation telah merilis distribusi Linux: Moblin 2.0. Moblin atau Mobile Linux ini ditargetkan untuk perangkat bergerak seperti Netbook, Mobile Internet Devices (MID) dan Smart Phones.


Versi Moblin 2.0 ini adalah edisi yang dioptimasi untuk perangkat arsitektur dengan prosesor Intel Atom telah diperkenalkan pada bulan April 2009 lalu di ajang acara Linux Colaboration Summit, kini dirilis sebagai versi final.



Yang baru bawaan rilis 2.0 ini adalah aplikasi Moblin Garage dan Moblin Application Installer, yang memudahkan mencari dan memasang program aplikasi di Netbook.

Moblin 2.0 mengemas kernel Linux 2.6.30.3, mampu booting dengan cepat via USB-Drive memiliki antarmuka grafis yang dioptimasi untuk layar kecil seperti pada Netbook umumnya. Penggunaan layar dibagi menjadi delapan bidang yaitu myzone, status, people, internet, media, pasteboard, applications dan zones.

Dibalik "zones" terdaftar semua desktop berikut aplikasinya yang sedang berjalan. Dibawah bidang "people" misalnya terkumpul aplikasi layanan Messaging seperti Jabber, ICQ dan lainnya. Untuk berselancar di Internet tersedia Moblin-Web-Browser, untuk Chatting dengan kerabat dipasang aplikasi Empathy, sedangkan untuk komunikasi Emails digunakan Anjal yaitu sebuah aplikasi berbasis Evolution. Untuk menampilkan koleksi gambar, mendengarkan Audio dan memutar Video, disediakan aplikasi Hornsey. Untuk urusan perkantoran sementara tersedia aplikasi untuk mengelola kontak dan jadwal.

Tidak ada komentar: