Jumat, 06 November 2009

 

Snackbot, Robot Pengantar Makanan 

 

WASHINGTON - Di saat tengah merasa lapar, ada kalanya kita malas beranjak mengambil makanan. Terinspirasi dari hal tersebut, para ahli robot di Carnegie Mellon University menciptakan sebuah robot bernama Snackbot.

Para perancangnya mendeskripsikan Snackbot sebagai robot mobile otomatis yang bertugas membawakan makanan dikala kita sedang lapar.

"Snackbot merupakan robot mobile dengan ukuran yang cukup kecil. Dia bergerak dengan roda pada bagian bawah tubuhnya dan mengantarkan makanan ringan bagi mahasiswa kampus, dosen dan para seluruh pekerja di Carnegie Mellon University," kata salah satu perancangnya seperti dikutip dari Live Science, Senin (19/10/2009).

"Kami berupaya menciptakan Snackbot dengan kemampuan gabungan antara multi sensor dan algoritma untuk daya tangkap, kedinamisan bergerak dan berkomunikasi dengan manusia melalui mekanisme verbal dan non verbal," tambahnya.

Hasil penelitian memungkinkan robot dapat bernavigasi di area yang ramai, memiliki kemampuan bersosialisasi dan mendeteksi orang-orang yang berada paling dekat dengannnya. (rah)

Tidak ada komentar: