Selasa, 23 Februari 2010

Di Balik Kesuksesan Desain Ponsel Nokia

BANGKOK - Nokia sukses menjual hingga jutaan ponselnya ke seluruh dunia. Vendor asal Finlandia ini juga berhasil menjadi trendsetter dari desain-desain smartphonenya yang futuristik. Itu semua berkat kerja keras dari tim desainer mereka yang tersebar di beberapa studio di seluruh dunia.
Dijelaskan Nikki Barton, Head of Digital Design Studio Nokia London, tim desainer ponsel di Nokia sangat serius dalam menghasilkan beberapa ponsel yang menawan dan disesuaikan dengan fungsinya. Bahkan, menurutnya hingga saat ini beberapa studio telah menyebar di empat negara, seperti India, Beijing, London dan Finlandia.

"Kami memiliki sekira 300 desainer di studio desain Nokia, mereka juga memiliki beragam kewarganegaraan hingga 34 negara yang berbeda, mulai dari Inggris sampai dengan Korea Selatan," tukas Nikki saat presentasi di acara Nokia Showcase 2010, di Hotel Millenium Hilton, Bangkok, Thailand, Selasa (23/2/2010).

Ditambahkan olehnya tim desain tersebut tidak bisa terlepas dari kesuksesan evolusi ponsel sejak dahulu, sekarang, bahkan hingga masa yang akan datang. Saat ini, menurutnya, perubahaan penggunaan ponsel telah terjadi secara drastis, mulai dari sekedar hanya untuk berkirim pesan singkat dan telepon, hingga kini sudah bisa untuk mendengarkan musik sampai melakukan browsing internet.

Kesuksesan Nokia dalam mengembangkan desaiannya tentu tidak terlepas dari kemampuan mereka melakukan menciptakan inspirasi. Sedangkan inspirasi itu tidak datang dengan sendirinya, sehingga mereka perlu melakukan observasi untuk mendapatkan ide-ide segar.

"Tim ini sering melakukan observasi di tiap-tiap negara untuk bisa mendapatkan apa yang mereka ingini.  Kami sering juga melakukan tanya jawab secara langsung," tambahnya.

Kendati sudah terjun langsung dengan mengumpulkan ide dari konsumen, sayang Nokia selalu menemui hambatan yang cukup terjal, pasalnya kebanyakan dari masyarakat tersebut tidak bisa menjawab ingin seperti apa ponsel di masa depan.

"Namun begitu, pencinta Nokia menginginkan ponsel yang bisa memenuhi kebutuhan utama meraka, yaitu reliable, fun, dan relevan. Dan tentunya bagaimana pun kita akan memenuhinya, karena memang membuat ponsel sesuai dengan apa yang dimau oleh konsumen," tandas wanita asli Inggris itu. (srn)

Tidak ada komentar: