Jumat, 26 Februari 2010

Jika Jelek, Nusantara Online Coreng Muka Indonesia


Screenshot Nusantara Online




Jakarta - Game buatan lokal yang berkisah tentang kerajaan-kerajaan di Tanah Air, Nusantara Online, sebenarnya sudah siap sejak pertengahan 2009 lalu. Namun pada kenyataannya, baru 6 bulan kemudian game ini berani untuk diluncurkan.

Sigid Widodo, Direktur Operasional PT Nusantara Wahana Komunika selaku publisher game ini menjelaskan, pihaknya ingin memastikan semua hal sudah siap seluruhnya baru berani dilempar ke pasar.

"Sebab kami punya beban yang berat karena ini merupakan game MMORPG pertama Indonesia. Kalau hasilnya jelek maka akan berpengaruh terhadap citra produk Indonesia. Kita tidak mau menciderai citra Indonesia," tuturnya dalam peluncuran Nusantara Online di Mal Artha Gading Jakarta, Kamis (25/2/2010) petang.

Untuk itu, Nusantara Online membutuhkan waktu sekitar setengah tahun untuk mempersiapkan seluruh infrastruktur agar siap secara komersil.

Saat ini, game besutan dua studio asal Bandung tersebut telah memiliki 10 server yang dihosting di dua ISP. Untuk realm Jakarta, server diletakkan pada data center Telkom dan untuk realm Bandung, server ditaruh pada data center Melsa.

Dalam masa persiapannya, Nusantara Online juga menggandeng Universitas Gunadarma untuk menggelar uji coba game. "Kita sempat menemukan bug dan error dalam uji coba kemarin dan kemudian segera diperbaiki," imbuh I Made Wiryana yang juga ikut serta dalam pengujian tersebut.

"Justru yang namanya baru launching, terseok-seok itu biasa untuk melakukan perbaikan. Kita tidak bisa langsung menandingi yang sudah mapan," pungkas akademisi ini.
( ash / ash )

Tidak ada komentar: