Selasa, 23 Februari 2010

Ovi Maps Selamanya akan Gratis

BANGKOK - Nokia memperkenalkan aplikasi terbarunya berupa peta digital bernama Ovi Maps. Aplikasi yang disematkan di ponsel ini sukses merebut 3 juta pengunduh dalam waktu hanya 3 minggu saja. Salah satu kesukesan tersebut karena Nokia memberikan fitur ini secara gratis.
"Nokia ingin memberikan pengalaman sama kepada pengguna ponsel agar bisa menikmati layanan seperti GPS, yang bahkan kemampuannya lebih. Dan saya yakin, Ovi Maps akan selalu gratis selamanya," tukas Director Services Marketing Location Nokia, di sela-sela acara Nokia Showcase 2010, di Hotel Millenium, Bangkok, Thailand, yang digelar sejak 22-23 Februari 2010.

Tentu menjadi pertanyaan di benak pengguna Nokia, jika layanan Ovi Maps ini diberikan secara gratis. Lalu apa keuntungan yang akan didapat dari produsen ponsel nomor satu di dunia ini.

"Tentu saja keuntungan yang kita dapat dari penjualan handset yang kompatibel dengan Ovi Maps ini. Apalagi, Ovi Maps lebih maksimal jika dijalankan dengan platform yang ada di ponsel Nokia," tambahnya.

Kendati gratis, bukan berarti Nokia memberikan layanan ala kadarnya kepada pengguna Ovi Maps. Sebab, Nokia mengklaim salah satu keungulan itu karena layanan peta tersebut 10 kali lebih kencang dari Google Maps. Tidak hanya itu saja, Ovi Maps menjadi jauh lebih murah dari layanan peta digital manapun.

Untuk perbandingan dalam jangkauan coverage 20 kilometer, Ovi Maps hanya menyedot data sebesar 200 kb saja. Bandingkan dengan Google yang menyedot 2Mb untuk jarak yang sama. Selain itu, Ovi Maps tidak perlu membuka internet, jika pengguna tidak ingin menggunakannya untuk update.

"Dengan teknologi tersebut, pengguna bisa memnggunakan Ovi Maps dimana saja, mulai dari jalanan hingga di hutan," tandasnya.

Beragam fitur penunjuk jalanan di Ovi Maps ini juga terbilang sangat kaya, tidak hanya informasi lalu lintas, pengguna pun juga bisa mencari beberapa tempat dan even apa yang akan digelar, karena Nokia sendiri menyiapkan 1 juta even setahun. Tidak hanya itu, informasi detail juga diberikan saat pengguna sdang mengemudi, mulai dari batas kecepatan jalan, sampai dengan alternatif jalan.

"Ini juga termasuuk dengan fitur drive dan walk, yang memungkinkan pengguna akan dituntun dengan suara, saat sedang berkendara," sebut Jukka.

Beberapa ponsel yang kompatibel dengan Ovi Maps adalah N97, N97 mini, E72, dan lain sebagainya. Untuk mengunduh langsung kunjungi situs Nokia yang beralamat di Nokia.co.id/maps atau yang menggunakan ponsel bisa di situs mobi.nokia.com. (srn)

Tidak ada komentar: