Rabu, 23 Juni 2010

Android Miliki Ribuan Aplikasi 'Jahat'

Logo Android
NEW YORK - Terbukanya sistem operasi Android, membuat beberapa pengembang ketiga berkesempatan menciptakan aplikasi. Sayangnya, ada beberapa yang menggunakanya untuk kejahatan.

Sebab saat ditelusuri, terdapat ribuan aplikasi yang dapat melakukan hal-hal seperti membuat panggilan atau mengirim teks secara acak , dan mereka bisa menginfeksi ponsel dengan spyware.

Perusahan keamanan mobile S Mobile Systems telah merilis sebuah laporan baru tentang ancaman keamanan dari Android.

"Perlu dicatat bahwa satu dari setiap lima aplikasi Android meminta izin untuk mengakses informasi pribadi atau sensitif. Itu bisa dilakukan para penyerang untuk menggunakan sebagai tujuan jahat," klaim laporan tersebut, seperti yang dilansir TG Daily, Rabu (23/6/2010).

Selain itu, sekira 5 persen dari semua aplikasi memberikan izin untuk orang yang tidak berhak untuk membuat panggilan kepada siapapun, dan 3 persen berpotensi bisa mengirim pesan teks tanpa sepengetahuan pengguna.

Menurut S Mobile, menyatakan bahwa 29 dari hampir 50.000 aplikasi yang diujicobakan disematkan juga dengan aplikasi spyware.

Salah satu aplikasi yang paling tinggi bahayanya adalah salah satu yang diklaim sebagai aplikasi mobile banking: pengguna dapat memberikan login mereka ke rekening bank dan menerima akses ke akun mereka melalui mobile portal.

Secara total, S Mobile memperingatkan bahwa lebih dari 20.000 aplikasi Android yang meminta izin pengguna membeberkan informasi pribadinya dianggap mencurigakan. Bahkan ada beberapa aplikasi yang meminta pengguna untuk memberikan lebih dari 10 "izin khusus," seperti info kontak, e-mail, panggilan telepon, dan data GPS.
(tyo)

Tidak ada komentar: